Recent Posts

header ads

Cara Pembuatan Media Budidaya Belut

cara membuat budidaya belut

Belut adalah binatang air yang digolongkan dalam kelompok ikan dan berbeda dengan kebanyakan jenis ikan lainnya, ikan belut bisa hidup dalam lumpur dengan sedikit air. Binatang ini mempunyai dua sistem pernapasan yang bisa membuatnya bertahan dalam kondisi tersebut.

Budidaya ikan belut memang berbeda dengan ikan budi daya lainnya, sehingga memerlukan perlakuan yang sangat spesifik. Dalam Budi daya belut faktor kegagalan yang begitu tinggi, membuat para petani akhirnya banting setir ke komoditas pertanian lainnya. Karena tidak mampu menguasai teknik untuk membuat media yang sesuai dengan habitat aslinya. Komponen ini yang membuat banyak petani maupun pebisnis belut harus gulung tikar. Pada akhirnya, media untuk tempat budidaya belut menjadi salah satu kesulitan tersendiri bagi para pelaku peternak belut.


Media Budidaya Belut

Ada terdapat dua segmen usaha budidaya belut yaitu pembibitan dan pembesaran. Pembibitan bertujuan untuk menghasilkan anakan. Sedangkan pembesaran bertujuan untuk menghasilkan belut hingga ukuran siap konsumsi. Dan Ada juga dua tipe media belut yang telah terbukti keampuhannya suntuk menepis anggapan media sebagai penyebab utama kegagalan budi daya belut. Pertama, media yang dikeringkan di luar kolam, dan kedua, media 80% tanah sawah.

Pada kedua tipe media untuk belut ini memang relatif berbeda. Pada tipe pertama, komponen jerami dan kedebong pisang menjadi fokus utama penyiapan media, yakni dengan memastikan kedua komponen tersebut benar-benar kering. Sedangkan pada tipe kedua, tanah sawah atau tanah lumpur merupakan komponen yang paling mendominasi media belut. Komponen jerami dan kedebong pisang, masing-masing hanya sebesar 10% dari total komponen yang ada. Selain itu, media ini mensyaratkan penggunaan tanaman air, seperti eceng gondok, kangkung, genjer, atau padi, yang berfungsi sebagai peneduh. Namun, terlepas dari kedua tipe media tadi, hal lain yang harus diperhatikan juga adalah pemberian pakan yang teratur untuk menekan tingkat kanibalisme belut.

Media pemeliharaan belut tersusun dari campuran tanah sawah atau lumpur  kolam yang sudah dikeringkan, pupuk kandang, pupuk kompos (sekam, gabah padi, atau dedaunan yang sudah dibusukkan), jerami padi, cincangan batang pisang, biostarter/biotanah, pupuk urea, dan NPK. Namun, bahan yang harus dipastikan tersedia yaitu tanah lumpur atau sawah serta pupuk organik atau pupuk kandang.

Hal yang perlu diperhatikan yaitu masukkan air secukupnya (sekitar 10 cm) setelah semua bahan media budidaya di masukkan ke dalam kolam dan diamkan selama 2-8 minggu. Jika media menjadi kering, air harus tetap diberikan karena media tersebut sedang dalam proses fermentasi. Untuk mengetahui media sudah matang atau belum, tancapkan bambu atau kayu sampai ke dasar kolam dan angkat pelan-pelan ke atas, jika terdapat gelembung yang tidak berbau dan bening berarti media sudah matang. Jika fermentasi media belum sempurna, lanjutkan kembali proses fermentasinya hingga media “matang” sempurna.


Bahan Pembuatan Media Belut.

Pada budidaya belut, dalam penyusunan media untuk pembudidayaan sangat bervariasi. Hal tersebut disebabkan hampir setiap pembudidaya belut yang telah berpengalaman mempunyai cara tersendiri dalam menyusun media tersebut. Walaupun bahan dasar penyusunnya  hampir sama, tetapi  komposisi , jumlah, jenis bahan, dan bahan tambahan yang digunakan bisa berbeda. Perbedaan bisa disebabkan oleh kondisi tempat budidaya, kemampuan pembudidaya, dan bahan media yang ada. Berikut ini adalah bahan yang diperlukan untuk pembuatan media budidaya belut :

Air yang bersih.


air bersih kolam belut


Ikan belut merupakan jenis ikan air tawar, penggunaan air sebagai media tidak bisa dipisahkan. Jangan menggunakan sembarang air, air yang digunakan sebagai media pembibitan belut haruslah mendukung kehidupan belut. Syarat air yang digunakan adalah bersih, tidak beracun, mengandung banyak oksigen, pH 5—7, dengan suhu 25—28°C.

Lumpur yang subur.

lumpur


Menggunakan lumpur sebagai habitat utama dari belut, campuran air, tanah, dan material lain dalam membentuk lumpur yang subur. Dilihat dari berbagai jenis lumpur, yang paling baik digunakan sebagai media pembibitan belut adalah lumpur sawah. Belut juga bisa hidup di lumpur kali atau selokan. Anda juga bisa membuat lumpur sendiri sebagai media pembibitan. Syarat yang harus dipenuhi antara lain subur dengan kandungan nutrisi, gembur, tidak beracun, dan lembut.

Jerami padi.


jerami padi


Jerami merupakan bagian batang padi yang telah diambil padinya. Jerami biasanya dimanfaatkan untuk makanan ternak atau kompos. Jerami digunakan untuk membantu pelumpuran supaya lumpur lebih subur, gembur, dan mengandung banyak nutrisi. Jerami yang digunakan sebaiknya yang sudah menjadi kompos. Proses pelapukannya sendiri biasanya bisa mencapai satu hingga dua bulan.

Bekatul 


bekatul padi


Bekatul berbeda dengan jerami, bekatul adalah serbuk kulit ari beras hasil penggilingan padi. Bekatul sangat baik dijadikan campuran media budidaya belut karena kaya akan vitamin B. Syarat penggunaan bekatul adalah mencampur bekatul dengan jerami atau pupuk kandang saat fermentasi.

Pupuk kandang.


pupuk kandang


Limbah, kotoran, dan feses binatang ternak bisa diolah menjadi pupuk kandang. Binatang ternak yang umum digunakan adalah sapi, kerbau, kambing, domba, kelinci, dan ayam. Kotoran ini dibusukkan sampai menjadi pupuk kandang. Ciri kotoran sudah berubah menjadi pupuk kompos adalah warnanya sudah kehitaman menyerupai tanah, tidak berbau, dan telah berhenti dari proses pembusukan. Pupuk kandang yang akan digunakan sebagai media pembibitan belut harus steril dari virus, bakteri, dan jamur. Cara menanggulanginya bisa dilakukan dengan mengeringkan pupuk kandang sebelum digunakan.

Gedebog pisang


gedebog pisang


Batang pisang atau yang biasa disebut sebagai gedebog juga bisa digunakan sebagai media pembibitan belut. Bagian yang digunakan adalah pelepah batang semu tersebut. Pelepah tersebut dicincang dan dicampurkan dalam lumpur atau ditaburkan ke media. Gedebog mengandung plankton yag sangat baik untuk pertumbuhan belut. Sebaiknya, gunakan gedebog pisang yang sudah tua dan berbilah tebal. Pilih gedebog yang sudah dipanen buahnya.


Langkah membuat media budidaya belut.


kolam belut

Ikan belut membutuhkan sebuah media untuk tumbuh dan berkembang. Media untuk belut tersebut dimasukan atau dibuat dalam drum. Komposisi media merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi pertumbuhan belut. Biasanya, komposisi media tumbuh terdiri dari pupuk TSP, kompos, lumpur kering dan mikroorganisme starter. Ketiga bahan komposisi ini harus pas takaran dan susunannya. Media tumbuh tersebut harus diletakan di dalam kolam dari drum. 

Berikut langkah - langkah membuat media belut tersebut 

  • Lapisi bagian dasar kolam dengan menggunakan jerami, tebal jerami yang diberikan sekitar 50 cm atau disesuaikan.
  • Siramkan mikroorganisme starter di atas jerami dengan takaran kapasitas media, untuk mikroorganisme starter, kamu bisa menggunakan EM-4 starter atau mikroorganismen starter yang biasa dijual di toko pertanian.
  • Setelah lapisan mikroorganisme starter, berikan lapisan kompos atau tanah humus, tebal lapisan sekitar kurang lebih 7 cm.
  • Taburkan campuran lumpur kering dan pupuk TSP 5 kg di lapisan terakhir dengan ketebalan 25 cm.
  • Anda harus memasukan air bersih ke dalam kolam dengan ketinggian 17 cm. Biarkan kolam berisi media tumbuh selama kurang lebih 14 hari hingga terjadi proses fermentasi. Artinya, kamu harus menutup rapat drum agar prosesnya berjalan lancar. Yang perlu kamu ingat adalah jangan memasukan belut bersamaan dengan media tumbuh sebelum melewati fermentasi.
  • Sesudah media matang,  alirkan air selama 3 - 4 hari untuk menghilangkan racun, ketinggian air saat budidaya dimulai sebaiknya sekitar 5 cm. 
  • Setelah menunggu proses fermentasi dan media sudah aman dari racun, baru belut ditebar, usahakan jangan melakukan pengadukan karena dapat membuat belut stress, ada beberapa alternatif untuk menyusun bahan media budidaya belum mulai dasar kolam hingga ke atas.


Media pembibitan belut tidak hanya air atau lumpur. Faktor terpenting dari pemilihan media ini antara lain subur, gembur, tidak beracun, tidak mengandung benda kasar dan tajam, serta mengandung cukup nutrisi. Jika seluruhnya tercukupi, Anda bisa memilih macam-macam media untuk budidaya belut sesuai kebutuhan. 


Demikianlah informasi dari artikel yang berjudul Cara Pembuatan Media Budidaya Belut. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan pada penulisan artikel ini, Baraja Farm mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainya silahkan klik Berbagai Reviews

Tutorial cara budidaya silahkan klik Pustaka Pengetahuan

Untuk belajar budidaya, silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook


Posting Komentar

0 Komentar