Recent Posts

header ads

Cara Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula

Cara budidaya ikan papuyu


Budidaya ternak ikan merupakan usaha yang sangat menggiurkan dan tidak ada matinya. Salah satu jenis ikan yang bisa Anda budidayakan dan memiliki prospek menjanjikan adalah ikan papuyu. Mungkin sebagian dari Anda awam mendengar nama ikan yang bernama Latin Anabas Testudineus ini. Namun ternyata, ikan papuyu sudah lama dikenal masyarakat Indonesia di beberapa daerah. Dalam beberapa bahasa daerah ikan ini juga dinamakan ikan Betik (Jawa dan Sunda), Papuyu (Kalimantan Selatan), Puyu (Malaya dan Kalimantan Timur), Puyu-Puyu (Padang), Puyo-Puyo (Bintan), Ggeteh-Geteh (Manado), dan Kusang (Danau Matanua).


Pengertian Ikan Betok

Betok adalah nama sejenis ikan yang umumnya hidup liar di perairan tawar. Ikan ini juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti bethok atau bethik (Jw.), puyu (Mly.) atau pepuyu (bahasa Banjar). Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai climbing gouramy atau climbing perch, merujuk pada kemampuannya memanjat ke daratan. Nama ilmiahnya adalah Anabas testudineus (Bloch, 1792).

Ikan papuyu ini telah lama dikenal di berbagai wilayah Indonesia. Selain nama ikan papuyu, ternyata ikan ini memiliki nama lain di tiap daerah seperti di Jawa dan Sunda dikenal dengan nama ikan betik, di Padang diberi nama puyu-puyu, dan di Bintan dengan nama puyo atau puoy. Dalam bahasa Inggris sendiri, ikan papuyu dikenal dengan nama climbing gouramy atau juga climbing perch karena kemampuannya yang memanjat ke daratan. Ikan papuyu menyebar dari India, Cina sampai Asia Tenggara dan Kepulauan Nusantara yang ada di sebelah barat Garis Wallace.

Ciri - Ciri dan Karakteristik Ikan Betok / Papuyu

Betok umumnya ditemukan di rawa-rawa, sawah, sungai kecil dan parit-parit, juga pada kolam-kolam yang mendapatkan air banjir atau berhubungan dengan saluran air terbuka. Ikan ini memangsa aneka serangga dan hewan-hewan air yang berukuran kecil. Betok jarang dipelihara orang, dan lebih sering ditangkap sebagai ikan liar.

Dalam keadaan normal, sebagaimana ikan umumnya, betok bernapas dalam air dengan insang. Akan tetapi seperti ikan gabus dan lele, betok juga memiliki kemampuan untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Ikan ini memiliki organ labirin (labyrinth organ) di kepalanya, yang memungkinkan hal itu. Alat ini sangat berguna manakala ikan mengalami kekeringan dan harus berpindah ke tempat lain yang masih berair.

Betok mampu merayap naik dan berjalan di daratan dengan menggunakan tutup insang yang dapat dimekarkan, dan berlaku sebagai semacam ‘kaki depan’. Namun tentu saja ikan ini tidak dapat terlalu lama bertahan di daratan, dan harus mendapatkan air dalam beberapa jam atau ia akan mati. Ikan ini menyebar luas, mulai dari India, Tiongkok hingga Asia Tenggara dan Kepulauan Nusantara di sebelah barat Garis Wallace.

Cara mendapatkan ikan ini pada kebanyakan daerah dengan dipancing berumpan cacing, akan tetapi ada juga dengan menggunakan jangkrik, cilung (ulat bambu). Di Kalimantan Tengah dan Banjarmasin, penduduk setempat mempunya cara tersendiri, yakni dengan mencampur telur semut (kroto) dengan getah karet dan dimasak dengan cara dikukus. Selain untuk ikan betok, umpan ini juga dapat sebagai umpan ikan seluang.


Peluang Usaha Budidaya Ikan Papuyu

Ikan papuyu mempunyai rasa yang sangat nikmat dan lezat yang sering membuat orang ketagihan untuk menyantapnya. Tampilan ikan papuyu dengan bentuk agak lonjong dan pipih ini memang sangat khas. Permintaan ikan papuyu di pasaran memang terbilang besar. Sehingga tak heran jika peluang usaha budidaya ikan papuyu kini menjanjikan. Dimana bisnis budidaya ikan papuyu ini menjanjikan keuntungan yang besar. Untung yang diberikan dalam bisnis budidaya ikan papuyu ini terbilang besar. Sehingga tak heran jika bisnis budidaya ikan papuyu ini banyak yang menjalankannya.

Memang potensi dalam bisnis budidaya ikan papuyu terbilang sangat bagus. Sehingga tak heran jika bisnis budidaya ikan papuyu kini banyak dijalankan dan dikembangkan. Memang keuntungan yang didapatkan dari bisnis budidaya ikan papuyu bukan main-main. Mungkin Anda tertarik untuk menjalankan bisnis budidaya ikan papuyu! Jika iya tentunya bisnis budidaya ikan papuyu ini bisa Anda jalankan dengan mudah. Ulasan mengenai bisnis budidaya ikan papuyu juga kami bahas di bawah ini. Silahkan mengetahui lebih dalam tentang bisnis budidaya ikan papuyu mulai dari peluang hingga analisa bisnisnya berikut ini :

Memulai bisnis budidaya ikan papuyu

Bisnis peternakan ikan papuyu memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya ikan papuyu yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya ikan papuyu ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya ikan papuyu di lahan kecil atau sekitar pekarangan rumah.

Pelaku bisnis budidaya ikan papuyu

Bisnis budidaya ikan papuyu ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya ikan papuyu ini dapat Anda jalankan dengan mudah.

Konsumen bisnis budidaya ikan papuyu

Konsumen budidaya ikan papuyu memang tidaklah sulit, konsumen budidaya ikan papuyu cukup besar mulai dari konsumsi rumah tangga hingga berbagai usaha kuliner.

Peralatan bisnis budidaya ikan papuyu

Dalam bisnis budidaya ikan papuyu membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya wadah dan jerigen, pompa air, pengadaan bibit ikan papuyu, selang dan paralon, timba, jaring, terpal,  pembuatan kolam ikan papuyu, peralatan pembersih kolam, sewa lahan, drum,  dan lainnya. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya ikan papuyu makin maksimal.

Karyawan bisnis budidaya ikan papuyu

Karyawan dalam menjalankan bisnis budidaya ikan papuyu bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.


Cara Budidaya Ikan Betok

Cara budidaya ikan betok bagi pemulaSebagian dari anda mungkin belum familiar dengan nama ikan betok. Searnya ikan ini memiliki banyak nama lain tergantung daerah masing-masing. Misalnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, ikan Betok lebih dikenal dengan sebutan ikan Betik. Sedangkan di Kalimantan, ikan ini diberi nama ikan Papuyu dan memang sangat digemari disana.

Ikan Betok seringnya dijual di pasar tradisional karena ikan ini kebanyakan adalah hasil tangkapan dari alam liar. Saat ini ukuran ikan Betok yang dijual di pasar sudah semakin kecil karena tingginya intensitas penangkapan di alam. Padahal ada yang tidak kita sadari bahwa sebenarnya ikan Bethok ini bisa dibudidayakan layaknya ikan nila.

1. Persiapan kolam budidaya ikan betok.


Cara budidaya ikan papuyu


Ikan Betok bisa dibudiyakan di kolam tanah maupun kolam terpal dan semen. Namun akan lebih baik jika menggunakan kolam tanah dengan sistem sirkulasi air. Keunggulan kolam tanah untuk budidaya ikan Betok adalah mudahnya menumbuhkan pakan alami seperti plankton, ganggang, cacing dll. Selain itu juga lebih hemat biaya pembuatan kolam.

Ikan Betok ini tidak mudah sakit atau terinfeksi penyakit seperti ikan lele jadi pemeliharaan di kolam tanah pun tidak masalah. Agar muat banyak ikan sebaiknya buat ukuran kolam yang cukup besar. Anda bisa membuatnya didekat sumber mata air, ditepi sawah atau ditepi sungai. Baca juga Cara Budidaya Cacing Sutra

Untuk membuat air dalam kolam kaya unsur renik maka isikan pupuk kandang dalam karung kemudian karung tersebut direndam  dalam kolam selama 1 minggu. Untuk mempercepat proses tumbuhnya plankton anda bisa menambahkan probiotik khusus kolam. Air yang sudah berdegradasi hijau berarti siap untuk ditebar ikan.

2. Menyediakan indukan ikan papuyu.


Cara budidaya ikan betok


Untuk membedakan ikan papuyu jantan dan betina, dapat dilihat dari tanda tubuhnya. Untuk tanda betina, tubuh memanjang, perut agak gendut, warna agak kusam, gerakan lamban, lubang kelaminnya membulat, dan berukuran 100 gram. Sementara itu, untuk tanda jantan, tubuh membulat, gerakan lincah, warna cerah, lubang kelamin memanjang, dan berukuran 100 gram.

3. Menyediakan bibit ikan betok.


Cara budidaya ikan papuyu


a. Melakukan pemijahan ikan papuyu

Pemijahan ikan papuyu dilakukan dengan cara semibuatan, yakni induced spawning. Berikut tata caranya. Siapkan akuarium yang berukuran 60 cm × 50 cm × 45 cm dan keringkan selama 3 hari. Setelah itu, isi air setinggi 30 cm, hidupkan 2 titik aerasi dan biarkan hidup saat selama pemijahan. Suntik 2 ekor induk betina di sore hari dengan menggunakan ovaprim dosis 0,5 ml/kg dan masukkan ke akuarium. Perbandingan antara jantan dan betina adalah 4:1. Pemijahan akan terjadi saat tengah malam sampai pagi hari. Telur hasil pemijahan menempel di dinding akuarium.

Pendederan ikan papuyu.


Cara budidaya ikan betok


Pendederan I dilakukan di dalam hapa yang terpasang di kolam. Caranya, siapkan kolam berukuran 200 m2 dan keringkan selama 4 - 6 hari. Isi air setinggi 40 - 60 cm, tebarkan 4 karung kotoran ayam atau bisa juga puyuh, dan biarkan selama 4 - 5 hari. Pasang 4 - 10 hapa berukuran 200 cm × 100 cm × 80 cm dengan tiang-tiang bambu. Masukkan sekitar 2.000 ekor larva. Beri pakan tambahan seperti pelet halus dalam seminggu saat larva telah berukuran 0,5 cm.

Pendederan II seperti pendederan I, bedanya hanya pada penebaran benih yang berasal dari pendederan I dengan kepadatan 200 - 300 ekor/m2 dan beri pakan tambahan pelet halus sebanyak kurang lebih 500 g/hari di awal, 750 g/hari minggu kedua, 1.000 g/hari di minggu ketiga atau juga bisa sesuai kebutuhan dengan jangka waktu pendederan II selama 1 bulan dan saat itu benih telah mencapai ukuran 1 - 3 cm. Untuk pendederan III, sama seperti pendederan I yang dilakukan selama 30 hari dan benih telah mencapai ukuran 3 - 5 cm.

b. Menyediakan bibit dari alam

Untuk mendapatkan bibit ikan Betok kebanyakan masih diperoleh dari tangkapan di alam bebas. Meski cara ini tergolong murah dan cepat namun yang jadi kendala adalah terkait ukurannya yang  tidak seragam. Padahal jika kita mau kita bisa melakukan pemijahan ikan Betok dengan mencampur beberapa ikan bethok jantan dan betina dewasa dalam wadah aquarium. Setelah beberapa hari ikan betina dipindahkan pada aquarium tersendiri hingga terlihat anakan ikan Betok. Baik dengan metode pemijahan ataupun dengan tangkapan alam bebas sama-sama bisa dilakukan karena meskipun berbeda ukuran namun tidak akan terjadi kanibalisme. 

4. Penebaran bibit ikan betok.


Cara budidaya ikan papuyu


Penebaran bibit ikan bethok dilakukan seperti penebaran bibit ikan air tawar pada umumnya yakni dipiih bibit yang sudah cukup berumur agar lebih cepat beradaptasi dengan air kolam. Perlu dipastikan pada awal penebaran benih agar sirkulasi air selalu lancar. Bahkan bila perlu anda bisa menambahkan aerator udara untuk menambahkan kadar oksigen larut dalam air. Namun seandainya tidakpun juga tidak masalah.

Kedalaman air kolam sebaiknya dijaga terutama jika anda membuat kolam dilokasi terbuka terik matahari. Untuk sementara anda bisa membuatkan naungan dahulu. Sebagai tambahan adalah anda bisa menambahkan tanaman air seperti ganggeng jika benih Betok yang ditebarkan masih berukuran kecil. Baca juga Cara Budidaya Ikan Patin

5. Pemberian Pakan.


Cara budidaya ikan betik


cacahan keong sebagai pakan alternatif ikanAturan pemberian pakan pada ikan Betok hampir sama dengan ikan Nila yakni bisa 2-3 kali sehari. Yang terpenting total pakan yang diberikan dalam sehari adalah 4-6% berat tubuhnya. Jumlah itu dibagi 2 atau 3 kali pemberian. Jika lokasi kolam jauh dari rumah anda bisa memberikan pakan 2 kali sehari yakni pagi pukul 9 dan pukul 4 sore. Jika lokasinya ada disamping rumah maka sebaiknya pakan diberikan 3 kali yakni pagi jam 9 lalu siang jam 2 dan malam jam 8.

Hindari memberikan pakan di pagi hari karena nafsu makan ikan dipagi hari belum terlalu kuat. Untuk bahan pakan sendiri sebaiknya dipilih bahan yang mengandung kadar protein tinggi. Tentu yang paling bagus adalah pelet. Namun harga pelet sangat mahal. Ikan bethok sendiri termasuk jenis omnivora sehingga mudah untuk mencarikan pakan alternatifnya. Baca juga Cara Budidaya Keong Mas

Keong emas, cacing tanah, cacing sutra, magot, dan jangkrik merupakan contoh pakan alternatif yang mengandung protein tinggi. Pakan alternatif tersebut bisa diberikan bersama pakan nabati seperti nasi sisa, bekatul, ampas kelapa, sisa sayur, atau ampas tahu.

6. Panen Ikan Betok.


Cara budidaya ikan papuyu


Ikan Betok bisa dipanen jika sudah berumur sekitar 4 Bulan. Namun jika anda menghendaki untuk panen umur 3 bulan pun tak masalah. Bobot ikan Betok dewasa di usia 4 bulan sekitar 100-200 gram/ekor. Cara pemanenan bisa dengan cara sekaligus (jika bibit berasal dari pendederan) atau dengan panen selektif menggunakan jaring jika penebaran awal menggunakan bibit dari alam bebas yang tidak seragam ukurannya. Pemanenan sebagian ikan Betok tidak akan menimbulkan stres seperti halnya pada budidaya ikan lele. Sehingga anda hampir tidak menemukan ikan yang mati selama budidaya ikan Bethok.

7. Pemasaran budidaya ikan papuyu.


Cara budidaya ikan betok bagi pemula


Dalam berjualan budidaya ikan papuyu, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar, rumah makan, restoran atau hotel. Juga dapat memasarkannya ikan papuyu bagus ke swalayan atau supermarket. Patokan harga untuk budidaya ikan papuyu dapat Anda buat dalam hitungan per kg dimana harga mulai Rp 25.000 hingga Rp 30.000. Ini tergantung dari harga ikan papuyu yang ada di pasaran.


Tips Sukses Budidaya Ikan Betok
Beberapa tips sukses cara budidaya ikan Betok bagi pemula berikut mampu memberikan hasil optimal untuk usaha budidaya ikan Betokmu.
  • Lindungi kolam dari serangan predator menggunakan pagar waring (kelambu)
  • Secara rutin menambahkan prebiotik setiap 1 atau 2 minggu sekali
  • Porsi pakan pelet dicampur dengan pakan alternatif dengan perbandingan 40% pelet – 60% pakan alternatif hingga 20% pelet – 80% pakan alternatif agar semakin hemat biaya pakan
  • Untuk aerator anda bisa memanfaatkan aliran air dari sungai atau mata air yang dialirkan melalui selang agar mengucur kedalam kolam.
  • Mulailah belajar melakukan pemijahan benih ikan Betok agar lebih mudah memperoleh bibit awal
  • Peliharalah ikan Betok yang berwarna hijau gelap kare

Keuntungan dalam menjalankan bisnis budidaya ikan papuyu

Ikan Betok merupakan ikan air tawar yang memiliki daya tahan serta kemampuan adaptasi yang bagus. Ikan ini sangat terkenal akan kemampuannya bertahan hidup pada lokasi yang hanya terdapat sedikit air. Di alam liar, ikan ini bahkan sering naik kedarat dengan bantuan kopengnya (sirip insang).

Ikan bethik bisa bertahan di air yang minim oksigen. Ia juga bisa beradaptasi di dataran tinggi meski sebenarnya ia lebih cocok dan akan cepat besar jika dipelihara di dataran rendah terutama dekat laut. Keuntungan budidaya ikan Betok yang lain adalah minimnya resiko ikan mati serta ikan Betok tidak memiliki sifat kanibal seperti ikan lele. Hal ini membuat proses budidaya dan perawatan ikan Bethok sangatlah mudah. Pangsa pasar ikan Betok juga sangat bagus karena banyak peminatnya. Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya ikan papuyu ini yakni merupakan bisnis peternakan ikan papuyu yang paling menguntungkan. Sebab pemasaran ikan papuyu terbilang mudah.


Kekurangan bisnis budidaya ikan papuyu

Ikan papuyu memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat. Karena ikan dibilang mudah ditemukan dilokasi tertentu sehingga mempunyai harga yang rendah. Ikan betok mempunyai sifat mengubur jika memilihara di kolam tanah dan bisa melompat jika kolam terlalu rendah.


Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang "Ikan Betok Beserta Cara Budidaya Papuyu Bagi Pemula". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Baraja Farm Mohon maaf jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, jika membantu tugas sekolah silahkan klik Pustaka Pengetahuan

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Berbagai Reviews

Posting Komentar

0 Komentar