Recent Posts

header ads

Cara Budidaya Maggot BSF Bagi Pemula

Cara budidaya ternak maggot BSF


Pakan adalah salah satu komponen yang paling utama dalam dunia peternakan. Pakan menjadi sumber energi dan materi pertumbuhan bagi hewan ternak. Pemberian pakan agar memberikan hasil yang maksimal haruslah mengandung gizi dan vitamin yang baik seperti : karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin. 

Para peternak burung, ayam, ikan, hingga lele biasanya akan memberi makan ternaknya dengan pelet, namun siapa sangka ada belatung yang memiliki kandungan protein tinggi yang bisa dijadikan alternative pakan ternak. Pembudidayaan belatung ini juga menggunakan media sampah organik yang dapat mengurangi suplai sampah organik yang selama ini terkadang menjadi permasalahan

Lalat Tentara HitamBlack Soldier Fly (BSF) bisa dibilang hal baru di Indonesia walaupun lalat ini sudah berkeliaran di sekitar kita. Black Soldier Fly (BSF)/Lalat Tentara Hitam dalam bahasa Indonesia dan Hermetia Illucens (latin) merupakan jenis lalat dari sekian banyak jenis lalat yang ternyata memberikan banyak sekali manfaat bagi manusia.

Saat ini telah banyak bahan pakan yang bermunculan dari berbagai variasi. Dari variasi-variasi tersebut Anda bebas untuk memilih mana yang akan Anda jadikan untuk pakan alternatif ternak Anda. Selain untuk pakan lele dan ikan berbagi jenis, Maggot juga bisa sebagai pakan burung, ayam petarung, bebek, hingga kura-kura lantaran kandungan protein yang tinggi yakni mencapai 46,48 persen, serat 4,32 persen, lemak 23,53 persen, kalsium 2,39 persen, fospor 1,03 persen, energy metabolis 3457 kkal/kilogram, sedangkan pelet ikan lele proteinnya hanya 30 sampai 42 persen.

Dalam proses pemberian pakan terhadap hewan ternak pun Anda tidak harus memberikan berupa pakan pabrikan. Pakan ayam alternatif protein tinggi dapat Ada dapatkan juga dari beberapa bahan pakan alternatif. Anda sebagai peternak dapat memanfaatkan bahan pakan alternatif yang terdapat disekitar lingkungan rumah. Daun daunan untuk pakan ayam pun juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pakan ayam fermentasi kering. 


Apa itu Lalat dan Maggot BSF

Maggot BSF adalah salah satu jenis lalat yang mirip seperti tawon yang berwarna hitam. Panjang maggot BSF sekitar 15-20 mili meter. Maggot BSF atau biasa di sebut dengan black soldier fly ini sebenarnya fase larva dari siklus hidup BSF. Metamorfosa maggot bsf ini yaitu dari telur, larva, prepupa, pupa dan bsf. Untuk siklus hidup bsf sangat singkat yaitu 40- 44 hari saja.

Black Soldier Fly (BSF) merupakan nama yang "digandrungi" saat ini oleh banyak pihak khususnya para peternak tidak hanya di Indonesia tapi juga di banyak tempat di dunia. Black Soldier Fly / hermetia illucens (latin) / Lalat Tentara Hitam (indonesia) adalah satu jenis lalat dari sekian banyak yang tersebar di dunia yang memiliki banyak kelebihan dan manfaat bagi manusia. kata "fly" disini artinya adalah "lalat", jadi jangan kepleset dengan masih menyebut kata lalat BSF.

Black soldier Fly (BSF) dan Maggot BSF adalah dua istilah / nama dari satu "jenis" hewan yang sama yang mempunyai perbedaan bentuk dan nama karena memiliki fase metamorfosis dalam siklus hidupnya seperti kupu-kupu dan ulat. BSF sendiri melekat pada fase lalat nya, dan maggot tentu saja pada fase larva nya.

Fase larva yaitu fase yang di sebut sebagai belatung atau maggot bsf. Biasanya maggot tumbuh di bahan organik yang sudah membusuk contohnya seperti buah, sayur, bangkai dan lain sebagainya. Dalam keadaan utuh maggot memiliki kadar protein yang cukup tinggi sekitar 40%.


Karakteristik Lalat BSF

Dalam fase hidup nya (lalat) yang singkat hanya sekitar rata-rata 7 hari, BSF ini tidak makan dan hanya minum. Untuk itu BSF ini adalah jenis lalat yang bukan merupakan vector penyakit seperti lalat hijau/lalat sampah, yang hinggap dan makan pada tumpukan sampah lalu masuk ke rumah-rumah dan hinggap pada makanan kita. BSF adalah jenis lalat yang bersih dan bersahabat dengan manusia berdasarkan karakternya ini.

Seperti hewan lain pada umumnya, BSF berjenis kelamin jantan dan betina, dari seekor betina menurut penelitian (pihak lain) akan menghasilkan sejumlah telur setelah melakukan mating (kawin). Jumlah telur yang dihasilkan seekor betina berjumlah 500-900 buah telur yang akhirnya akan menetas dan menjadi larva.

BSF dapat kita budidayakan dalam sebuah kandang sehingga kebutuhan akan telur-telurnya dapat dihasilkan secara menerus (sustainable). Sinar matahari merupakan sarat mutlak dalam mendukung aktifitas BSF, oleh karenanya iklim tropis yang dimiliki oleh kita di Indonesia sangat mendukung dalam budidayanya ini.


Maggot BSF

Maggot bsf sumber pakan alternatifMaggot BSF adalah fase yang dimulai sejak telur-telur dari bsf ini menetas. Larva / Maggot bsf ini seperti dijelaskan sebelumnya memberikan banyak manfaat bagi manusia. Selama hidupnya maggot ini memakan hal-hal yang bersifat organik, dan ini dapat dimanfaatkan untuk menekan limbah organik yang sudah lama ini menjadi masalah serius bagi kita termasuk pemerintah.

Kemampuan mereka dalam melahap makanan organik ini sangat fantastis, dari jumlah 10.000 larva dapat menghabiskan 1Kg makanan organik dalam 24 jam. Jika satu ekor betina dapat menghasilkan 500 telur (minimal dari jumlah hasil penelitian 500-900bh telur), makan hanya dibutuhkan 20 ekor betina yang bertelur untuk menghasilkan 10.000 larva untuk mereduksi 1Kg sampah organik setiap hari.

maggot bsf ini juga memiliki nutrisi yang baik, kandungan protein dan asam amino yang lengkap dimiliki oleh maggot bsf dan hal ini menjadikannya digunakan sebagai sumber pakan alternatife yang baik bagi sejumlah hewan ternak seperti jenis unggas dan ikan, serta sejumlah binatang peliharaan seperti iguana, burung berkicau, dsb.


Apakah maggot bsf bersih dibudidayakan ? 

Banyak yang mengatakan bahwa budidaya maggot BSF ini adalah ternak belatung sampah padahal maggot BSF ini bersih. Kenapa begitu? karena pembuatan maggot menggunakan bahan – bahan yang bersih maka dari itu dapat di simpulkan bahwa maggot ini bersih dan tidak mengandung penyakit . Jadi Anda tidak perlu khawatir. Membuat pakan alternatif menggunakan maggot BSF ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk di berikan ke ternak ayam Anda. Keuntungan menggunakan maggot BSF ini adalah bisa menambah bobot pada ayam karena mengandung nutrisi yang cukup banyak.


Maggot BSF aman dibudidayakan untuk pakan ternak.

Maggot BSF banyak yang jijik atau risi untuk menyentuhnya. Tapi sebenarnya Maggot BSF ini tidak lah berbahaya atau aman dibudidayakan. Kita sebagai peternak tidak perlu khawatir karena maggot BSF tidak membawa penyakit berbahaya seperti kebanyakan lalat lainya misalnya lalat hijau. Hal ini di karenakan bsf dewasa tidak makan maka tidak mengganggu lingkungan dan tidak berpotensi menyebarkan penyakit. Maka budidaya ini tidak akan mengganggu para tetangga kita. Bahkan dalam penelitian mengungkapkan bahwa budidaya maggot bsf akan mengusir hama lalat. Maggot BSF bisa langsung diberikan ke anak ayam atau ayam yang sudah dewasa. Maggot BSF dapat Anda  campurkan pula dengan dedak. Pemberian maggot BSF dapat menambah protein bagi ayam. Selain itu apabila Anda ingin mencapai bobot ayam yang besar maka pemberian maggot BSF ini cocok untuk Anda praktekkan.


Siklus hidup lalat bsf


Lama waktu yang diperlukan larva maggot bsf untuk menjadi lalat


Untuk siklus hidup BSF dari telur sampai menjadi lalat dewasa berlangsung sekitar 40-43 hari. Hal ini tergantung dari kondisi lingkungan serta media pakan yang disediakan. Banyak yang mengatakan bahwa budidaya maggot BSF ini adalah ternak belatung sampah padahal maggot BSF ini bersih. Kenapa begitu? karena pembuatan maggot menggunakan bahan – bahan yang bersih maka dari itu dapat di simpulkan bahwa maggot ini bersih dan tidak mengandung penyakit . Jadi Anda tidak perlu khawatir.


Harga jual maggot bsf per kg

Untuk hargo maggor bsf memang cukup bervarisi. Beberapa penjual membanderol maggot BSF di kisaran harga Rp 6.000–Rp 8.000 per kilogram (kg). Dan untuk harga prepupa BSF dibanderol Rp 100.000 per kg. Untuk menjadi catatan harga jual tersebut kembali kepada kualitas serta ukuran maggot maupun prepupanya.


Tahap Persiapan Ternak Maggot BSF

1. Kandang budidaya maggot BSF.


Cara budidaya maggot BSF


Kandang adalah kebutuhan setiap hewan ternak, namun karena pakan yang digunakan juga termasuk makhluk hidup, tentunya kita membutuhkan hal yang sama. Fungsi kandang berlaku sebagai tempat Black Soldier Fly untuk memproduksi telur-telur sebagai bibit maggot BSF. Pikirkan terlebih dahulu berapa besar kandang yang dibutuhkan. Semuanya tergantung dengan sebanyak dan sebesar apa bisnis maggot BSF yang akan dijalani. Normalnya, ukuran kandang sebesar  2,5 m x 4 m x 3 m sudah cukup untuk bisnis budidaya maggot BSF kelas kecil menengah. Dengan ukuran di atas, Sahabat 99 dapat menampung sebanyak puluhan ribu larva.

2. Media penetasan telur lalat BSF


Cara budidaya maggot bsf


Siapkan media untuk telur BSF menetas, bisa dibuat dari boks kardus kecil atau terbuat dari tripleks. Setelah telur menetas, pindahkan larvanya langsung ke biopond sebagai media pembesaran. Pisahkan media penetasan dan pembesaran di dalam kandang. Pemisahan ini sangat penting karena jika menyatu, telur-telur akan mudah pecah tertekan oleh larva.

3. Biopond budidaya maggot BSF 


Media budidaya maggot bsf


Biopond adalah tempat pembesaran larva lalat BSF yang biasanya dirangkai dari kayu, PVC, dan dipenuhi oleh tanah gembur. Pada dasarnya biopond memiliki 2 jenis, yaitu biopond biasa yang tidak dilengkapi ramp (digunakan sebagai media untuk memproduksi larva kecil) dan biopond yang memiliki ramp / bidang miring sebagai jalan migrasi prepupa. Sama seperti media penetasan, ukuran biopond sebaiknya disesuaikan dengan jumlah telur yang menetas.


Tahap Budidaya Maggot BSF.


Tahap budidaya maggot bsf


Budidaya maggot BSF bisa dilakukan di mana saja dengan skala yang sesuai dengan kemampuan para peternak. Namun, kali ini kita akan membahas budidaya maggot BSf untuk para pebisnis mandiri yang ingin mencoba peruntungan dari rumah. Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum memulai ternak maggot BSF adalah memahami kegiatan budidayanya, mulai dari fisik maupun teori di balik cara merawat dan membesarkan lalat BSF.

Bahan - bahan yang diperlukan untuk budidaya maggot BSF


  • Ember
  • Air sekucupnya
  • EM4 atau Yakult (merk minuman)
  • Kantong plastik (lebih baik dibeli di tempat berkebun)
  • Royco (penyedap masakan)
  • Gula pasir
  • Dedak

Cara menarik lalat BSF
  1. Siapkan air sebanyak 1 litter dan gula pasir sekitar 5 sendok
  2. Masukan air dan gula ke dalam ember
  3. Siapkan dedak sebanyak 5 kg dan penyedap rasa, lalu campur dengan air dan gula yang sudah di siapkan tadi.
  4. Tuangkan EM4 atau Yakult (pilih salah satu) ke dalam ember. Untuk komposisi EM4 bisa 1 tutup botol EM4. Untuk yakult bisa berikan setengah botol atau 1 botol.
  5. Aduk semua bahan sampai tercampur dengan rata
  6. Siapkan kantong plastik yang dapat menampung 5 kg atau 8 kg barang
  7. Masukkan dedak yang sudah di campur ke kantong plastik tersebut.
  8. Berikan sedikit udara pada plastik, jangand diisi penuh.
  9. Ikat kantong plastik berisi dedak rapat-rapat
  10. Letakkan kantong plastik di daerah yang sejuk, biakan disimpan sampai 5 atau 6 hari.
  11. Agar terjauh dari binatang pengganggu, berikat tutup atau kawat disekitarnya (baunya cukup amis, dapat mengundang kucing).
  12. Dalam masa ini, campuran dedak akan berubah menjadi cairan berfermentasi.
  13. Setelah selesai, tuangkan campuran dedak ke ember dan tutup menggunakan daun pisang, plastik, atau kertas minyak.
  14. Simpan ember di dalam kandang dekat dengan media penetasan telur.
  15. Setelah 2 sampai 3 hari, lalat BSF akan berdatangan dan mulai bertelur di sekitar ember dan media penetasan.


Tahap Panen Maggot BSF
  • Setelah telur menetas, berikan sekitar 1 minggu sampai larva benar-benar sudah terbentuk.
  • Waktu yang baik untuk panen maggot BSF adalah 2 sampai 3 minggu setelah telur menetas.
  • Agar lalat BSF selalu datang dan bisnis terus berjalan, taburkan dedak fermentasi disekitar media penetasan telur atau ember sebanyak seminggu sekali
  • Jangan lupa menaruh sampah organik di dalam kandang sebagai pangan maggot BSF juga.


Kelebihan Maggot BSF.

Berikut adalah keunggulan maggot BSF lainnya:


  • Tidak bau amis seperti pakan lainnya
  • Tidak jorok, mudah diambil dan disimpan
  • Mudah dicerna oleh hewan ternak
  • Murah dibeli dan hemat
  • Sangat sehat bagi hewan ternak
  • Cara budidayanya mudah dan tanpa ribet
  • Panen jelas dan teratur

Manfaat Maggot BSF.


Budidaya maggot bsf


1. Perbaikan Lingkungan.

Selama masa hidupnya maggot BSF mengkonsumsi makanan organik. Seperti yang kita ketahui, Indonesia marak akan limbah organik, sehingga membudidayakan maggot lalat super ini akan membantu menekan jumlah limbah organik yang sudah lama menjadi permasalahan masyarakat dan pemerintah. Kemampuan maggot BSF dalam memakan limbah organik sangat memukau. Sejumlah 15 ribu larva Black Fly Soldier dapat menghabiskan sekitar 2 kg makanan dan limbah organik hanya dalam waktu 24 jam saja. Bayangkan saja, jika satu ekor betina BSF dapat menghasilkan sekitar 600 telur. Maka hanya dibutuhkan sekitar 20 ekor lalat super betina untuk menghasilkan 10 ribu larva / maggot BSF untuk meningkirkan sampah organik setiap harinya.

2. Digunakan untuk pakan super penuh nutrisi

Selain dapat mereduksi jumlah limbah tidak baik di sekitar kita, larva BSF juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Bahkan, jenis pakan ternak satu ini semakin banyak penggemarnya. Itu lah mengapa budidaya maggot BSF semakin kesini semakin ramai dan menguntungkan. Maggot BSF dibekali nutrisi yang amat baik. Kandungan asam amino dan proteinnya adalah sumber nutrisi dan zat yang dibutuhkan oleh setiap hewan ternak untuk tumbuh sehat dan kuat. Nutrisi di atas tidak hanya baik untuk ayam, namun juga ikan, dan hewan peliharaan rumah lainnya seperti burung, iguana, tokek, dan sebagainya. Tidak hanya asam amino dan protein, maggot BSF juga mengandung protein sebesar 40%.



Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang "Lalat dan Maggot BSF serta Cara Budidaya Maggot BSF". Semoga melalui tulisan ini memberikan pemahaman kepada pembaca yang sedang mempelarinya. Mohon maaf Baraja Farm ucapkan, jika ada kesalahan dan silahkan tinggal tanggapan maupun kritikan yang sifatnya memperbaiki untuk yang akan datang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Pustaka Pengetahuan 

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Berbagai Reviews

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel  

Media sosial silahkan klik facebook

Posting Komentar

0 Komentar