Recent Posts

header ads

Cara Budidaya Ikan Gurami Kolam Terpal Bagi Pemula

budidaya ikan gurami kolam terpal


Dalam dunia perikanan perkembangan teknologi serta berbagai macam penemuan dalam berbagai bidang kemajuan budidaya memang mampu memberikan kemudahan bagi manusia. Salah satu bidang yang mendapatkan pengaruh sangat baik dari perkembangan teknologi yang satu ini adalah budidaya ikan tawar. Jika dulu untuk membudidayakan ikan tawar harus membuat sebuah kolam dari tanah atau dari beton yang membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya dan biaya yang tidak sedikit, namun kini Anda sudah bisa menggunakan kolam terpal sebagai sarana budidaya ikan tawar.

Pada umumnya budidaya ikan gurame dikolam terpal semakin diminati oleh masyarakat untuk saat ini, hal yang paling terutama bagi mereka yang tidak mempunyai lahan kosong yang terbilang minim sumber air. Bila awalnya dalam membudidayakan ikan gurame dilakukan di empang maupun di kolam yang terdapat aliran air, saat ini ikan gurame dapat dibudidayakan di kolam terpal. 

Terpal merupakan salah satu sarana kolam terbaik yang banyak digunakan para pembudidaya beberapa tahun terakhir. Selain harganya yang lebih murah, ternyata budidaya dengan menggunakan kolam terpal juga tidak menurunkan kualitas dari ikan yang dihasilkan. Ikan gurame menjadi salah satu jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan.

Bahkan, budidaya ikan gurame di kolam terpal merupakan salah satu solusi terbaik baik Anda yang memiliki modal pas-pasan namun ingin membuat usaha budidaya ikan gurame. Dengan memanfaatkan terpal sebagai sarana kolam ikan, maka Anda bisa menghemat biaya pembuatan kolam. Akan tetapi, untuk melakukan budidaya ikan gurame di kolam terpal juga tidak boleh sembarangan.

Bahkan untuk kolam terpal yang digunakan tidak perlu yang luas yang penting didesain baik sesuai dengan kapasitas populasi ikan gurame. Untuk modal yang akan dibutuhkan dalam budidaya ikan gurame kolam terpal juga lebih hemat bila dibanding dengan membuat kolam beton. Selain itu kolam terpal juga sangat mudah dibongkar pasang apabila nanti sudah tidak akan digunakan lagi. 


Langkah - Langkah Cara Budidaya Ikan Gurami Kolam Terpal

Berikut tahapan cara budidaya ikan gurame di kolam terpal yang baik dan benar agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Menentukan Jenis Kolam Terpal yang Akan Digunakan.


Langkah budidaya ikan gurami kolam terpal


Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk budidaya ikan gurame di kolam terpal ialah dengan menentukan jenis kolam terpalnya terlebih dahulu. Ada beberapa jenis kolam terpal yang bisa Anda gunakan seperti kolam yang dibuat dari rangka kayu ataupun pipa, kolam yang dibuat dari tumpukan bata dan kolam yang dibuat dengan menggali tanah terlebih dahulu lalu kemudian ditutup terpal pada bagian atasnya. Masing-masing dari kolam tersebut memiliki kelebihan. Seperti contohnya Anda bisa menggunakan kolam dengan menggunakan tanah sebagai dindingnya. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban terpal saat menahan air.

Menentukan Ukuran Kolam Terpal.

Langkah selanjutnya yakni dengan menentukan ukuran kolam terpal itu sendiri. Untuk ukuran kolam yang dibutuhkan, hal ini bergantung pada luas lahan yang Anda miliki serta jumlah benih ikan gurame yang akan Anda budidayakan. Tentunya, semakin banyak benih gurame yang akan dibudidayakan, maka semakin luas kolam terpal yang harus dibuat.

Membuat Media Kolam Terpal.


Cara budidaya ikan gurami kolam terpal


Untuk media ternak yang akan digunakan untuk membuat kolam ialah plastik atau juga terpal, kita dapat membeli terpal di toko alat pertanian dengan harga bervariatif. Apabila anda tidak ingin menggunakan terpal maka dapat diganti dengan menggunakan plastic yang transparan yang memiliki ukuran panjang dan lebarnya hampir sama seperti terpal. Selain terpal atau plastik untuk ternak ikan gurame di kolam terpal juga membutuhkan batu bata merah yang akan digunakan sebagai tembok penopang dengan ketinggian maksimal panjang 4 meter, lebar 2 meter dan ketinggian 1 meter. Untuk tahap awal yang dilakukan yakni dengan membuat tembok dari susunan batu bata merah, setelah tersusun rapi kemudian letakkan terpal atau plastic dibagian dinding dalam dan lantai dasar kolam. 

Teknik Pengisian Air Kolam.


Langkah budidaya ikan gurami kolam terpal


Langkah selanjutnya setelah membuat kolam selesai dilakukan, berikutnya ialah mengisi kolam dengan air kurang labih dengan ketinggian air 50-75 cm. Hal ini bertujuan agar ikan tidak dapat mudah melompat atau saat hujan tidak akan meluap setelah kolam terisi air proses ternak ikan gurame dikolam terpal belum dapat ditempati ikan gurame, tetapi kolam yang berisi air tersebut harus didiamkan kurang lebih 1 minggu. Setelah itu baru kolam ditebari benih ikan gurame yang sudah berusia 2 bulan karena sudah mampu bertahan di cuaca dan suhu kolam terpal. 


Memasukkan Benih Ikan Gurame.


Budidaya ikan gurami kolam terpal


Untuk ukuran kolam yang sudah dijelaskan sebelumnya dapat digunakan untuk ternak gurame kurang lebih 200 ekor, hal ini bertujuan agar populasi ikan saat semakin besar tidak berlebihan. Selain itu selama berternak ikan gurame di kolam terpal harus rutin diberi pakan pada waktu pagi dan sore harinya. Untuk mengurangi efek panas matahari anda dapat menambahkan eceng gondok sehingga pada suhu air tidak terlalu berlebihan. Sedangkan untuk perawatan yang diperlukan antara lain dengan membuat saringan air seperti dalam aquarium, karena jenis ikan ini sangat membutuhkan oksigen yang baik dan air yang bersih. 

Dalam setiap 2 minggu sekali air diberi sanitizer hal ini bertujuan untuk membunuh bibit penyakit didalam kolam terpal. Dalam proses ini apabila diterapkan dengan baik, maka budidaya dan ternak gurame dalam metode menggunakan kolam terpal dapat menghasilkan panen yang baik. Bahkan perhitungan keuntungan yang didapat dapat lebih besar dibanding metode lainnya. Dalam hitungan kurang lebih 4 bulan, ikan budidaya gurame kolam terpal dapat dipanen dan siap disetorkan ke tengkulak atau distributor ikan air tawar untuk disalurkan ke berbagai kota.

Nah, jika semua hal tersebut sudah siap, maka Anda bisa langsung memasukkan benih ikan gurame ke dalam kolam. Untuk jumlah ikan yang akan dimasukkan ke dalam kolam juga harus disesuaikan dengan ukuran kolam tersebut. Dimana untuk setiap kolam terpal dengan ukuran 4x2x1 meter makan jumlah benih ikan yang bisa Anda masukkan sekitar 200 ekor. Dalam budidaya ikan gurame di kolam terpal, pilihlah benih ikan gurame yang memiliki usia 2 bulan agar bisa beradaptasi suhu yang ada di dalam kolam terpal.

Memberikan Pakan Ikan Gurani.


Langkah budidaya ikan gurami kolam terpal


Dalam memberikan pakan ikan gurame juga tidak boleh sembarangan. Tentu saja, kualitas pakan yang diberikan kepada ikan gurame juga menentukan kualitas ikan nantinya. Oleh sebab itu, pilihlah pakan ikan yang sesuai dengan usia ikan agar nutrisi dapat terserap dengan sempurna. Pilihlah pelet ikan dengan kandungan protein sebanyak 25% hingga 30%.

Berilah makanan tambahan, namun memberikan makanan tambahan seperti vitamin juga sangat penting agar ikan tidak mudah lemas dan dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Namun, Anda juga harus memperhatikan takaran makanan tambahan yang harus diberikan dan tidak perlu berlebihan karena hal tersebut malah bisa memberikan dampak negatif bagi ikan yang dibudidaya.


Memasang Saringan Air dan Menjaga PH Air.


Cara budidaya ikan gurami kolam terpal


Tentu saja membersihkan air secara terus menerus mungkin bisa dibilang cukup merepotkan. Akan tetapi, Anda bisa memasang saringan air untuk menjaga kebersihan kolam ikan tersebut dan Anda tidak perlu membersihkannya berulang kali. Jaga kualitas air kolam dengan rutin memeriksa pH air dengan menggunakan pH meter ataupun kertas lakmus. Air dengan memiliki kualitas terbaik adalah air dengan pH netral yakni sekitar angka 6,5 hingga 7,5. Namun jika air terlalu basa Anda bisa menambahkan asam fosfor. Namun, jika air terlalu asam, Anda bisa menambahkan soda kue ke dalam kolam.

Panen Ikan Gurame.


Langkah budidaya ikan gurami kolam terpal


Untuk budidaya ikan gurame di kolam terpal tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika memasukkan ikan gurame dengan bobot 2,5 ons maka memanennya 5 bulan kemudian dengan bobot ikan yang dapat mencapai 7 ons. Telaten dalam melakukan budiaya ikan merupakan salah satu hal penting agar Anda bisa mendapatkan ikan gurame dengan kualitas yang tinggi.


Keunggulan Budidaya Ikan Gurami Kolam Terpal.


Budidaya ikan gurami kolam terpal


Budidaya ikan gurame dengan menggunakan kolam terpal dirasa memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan budidaya ikan gurame secara konvensional. Kolam terpal dipilih karena dirasa:
  • Lebih praktis, mudah dikeringkan, dibersihkan, dan dipanen.
  • Lebih awet, karena kolam terpal tidak mudah bocor, lebih murah, memiliki masa pakai hingga 5 tahun.
  • Hasil panen lebih disukai pedagang maupun konsumen karena ikan yang dihasilkan tidak berbau lumpur.
  • Budidaya ikan gurami dikolam terpal bisa menggunakan dinding tanah maupun dinding kerangka besi, sesuai keinginan anda.


Demikianlah artikel yang berjudul Cara Budidaya Ikan Gurami Kolam Terpal Bagi Pemula. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan dalam penulisan artikel ini, Baraja Farm mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainnya, dapat membantu tugas sekolah klik Berbagai Reviews

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, silahkan klik Pustaka Pengetahuan

Tutorial cara budidaya silahkan klik Baraja Farm Channel  

Media sosial silahkan klik facebook


Posting Komentar

0 Komentar