Recent Posts

header ads

Resep Kolak Ubi Jalar Gula Jawa

  Kita tentunya sudah sering menikmati masakan kolak yang terbuat dari ubi jalar. Biasanya menu hidangan kolak ubi jalar ini, sering disajikan sebagai menu buka puasa di BUlan Ramadhan. Bahan utama dari masakan kolak ini, yaitu ubi jalar. Ubi jalar merupakan tumbuhan semak bercabang yang memiliki daun dengan berbagai bentuk.

Ubi jalar merupakan salah satu makanan pokok orang indonesia.Ubi jalar dapat dijadikan pilihan makanan alternatif pengganti nasi karena rendah gula. Ubi jalar mengandung vitamin A, vitamin B, dan zat antioksidan. Jenis antioksidan yang terkandung dalam umbi ini yaitu beta karoten, asa, klorogenat ,antosianin. Selain itu didalam ubi jalar juga mengandung gizi yang utama yakni pati.

Ubi jalar mengandung banyak nutrisi sehat yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Mengonsumsi ubi jalar dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Selain membantu mengurangi risiko penyakit berbahaya, ubi jalar juga memiliki manfaat lain terutama yang berkaitan dengan peningkatan energi dan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan berat badan.

Rasanya hampir semua orang Indonesia pasti pernah mencoba makanan kolak yang terbuat dari ubi jalar ini. Karena cara membuat kolak ubi jalar tergolong sangat mudah, serta bahan dan bumbunya tersedia di pekarangan atau beli di toko dekat rumah.

Resep untuk dapat membuat kolak dengan menggunakan ubi sebagai bahan utamanya. Tetapi bisa juga ditambah dengan pisang ataupun singkong sebagai variasinya.


kolak ubi pisang


Bahan kolak ubi jalar :

  • 300 gram ubi jalar
  • 500 ml santan cair
  • 300 gram gula jawa
  • 500 ml air
  • 5 lembar daun pandan
  • ½ sdt garam

Cara membuat kolak ubi jalar :

  1. Rebus gula jawa dengan air dan daun pandan.
  2. Aduk hingga gula jawa larut seluruhnya.
  3. Jika seluruh gula jawa sudah larut, saring agar tidak ada kerikil atau kotoran yang mengendap.
  4. Kupas kulit ubi jalar dan potong-potong bentuk dadu.
  5. Rebus ubi jalar hingga setengah matang.
  6. Rebus santan hingga mendidih sampai diaduk terus.
  7. Masukkan ubi yang sudah direbus, gula merah, dan garam.
  8. Masak sebentar hingga pisang cukup matang.
  9. Tuang kolak ubi ke dalam mangkuk dan siap disajikan.


Demikianlah informasi dari artikel yang berjudul Cara Membuat Resep Kolak Ubi Jalar Gula Jawa. Apabila ada kekurangan ataupun kekeliruan pada penulisan artikel ini, Baraja Farm mengucapkan mohon maaf yang sebesar - besarnya. Silahkan tinggalkan pesan yang bijak pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

Bahan bacaan lainya silahkan klik Berbagai Reviews

Tutorial cara budidaya silahkan klik Pustaka Pengetahuan

Untuk belajar budidaya, silahkan klik Baraja Farm Channel

Media sosial silahkan klik facebook

Posting Komentar

0 Komentar